Jumat, 12 April 2019



Mengapa Pendidikan IPS harus mengalami perubahan dan perkembangan sesuai zaman dan kemampuan apa saja yang harus dimiliki siswa setelah mengikuti pendidikan IPS yang dapat dijadikan bekal dalam kehidupannya sehari- hari!

Jawaban 

Dalam Standar kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Depdiknas (2003:5) dinyatakan ”melalui mata pelajaran Pengetahuan Sosial, Peserta didik diarahkan, dibimbing, dan dibantu untuk menjadi warganegara Indonesia dan warga dunia yang baik”.
Menjadi warganegara dan warga dunia yang baik merupakan tantangan yang berat karena masyarakat global selalu mengalami perubahan yang besar setiap saat, untuk itulah Pengetahuan Sosial harus dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemanapun peserta didik dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang secara terus menerus.
Karena itu melalui jalur pendidikan IPS, sejak dini peserta didik sudah harus dibiasakan berfikir global, melihat segala sesuatu dengan perspektif global. Menurut Nursid Sumaatmadja dan Kuswaya Wihardi, (1999:14) ”yang dimaksud dengan ’perspektif global’ adalah suatu cara pandang atau cara berfikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan daari sudut pandang global, yaitu dari sisi kepentingan dunia atau internasional. Oleh karena itu sikap dan perbuatan kita juga diarahkan untuk kepentingan global. Globalisasi juga melahirkan masyarakat yang terbuka, yang memberikan nilai kepada individu, kepada hak dan kewajiban sehingga semua manusia mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya dan menyumbangkan kemampuannya bagi kemajuan bangsa.
Perlunya pendidikan IPS yang berkualitas internasional, seperti yang dikatakan oleh Alvin Tofler ”kita harus berfikir global, dan bertindak lokal”. Globalisasi merambah ke semua penjuru dunia, tidak dapat kita bendung, dan kita harus masuk, ikut serta di dalamnya bertarung untuk menjadi pemenang (winner). Oleh karena itu, Pendidikan IPS juga harus mempersiapkan kompetensi sosial bagi para peserta didiknya. Materi pendidikan IPS yang berwawasan global tersebut, diantaranya adalah:
a.       Tentang kesadaran diri; sebagai Makhluk Tuhan, eksistensi, potensi dan jati diri sebagai warga dari sebuah bangsa yang berbudaya dan bermartabat sederajat dengan bangsa lain di dunia.
b.      Tentang kecakapan berfikir seperti kecakapan:berfikir kritis, menggalli informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah.
c.       Tentang kecakapan akademik tentang ilmu-ilmu sosial, seperti memahami fakta, konsep dan generalisasi tentang sistem sosial budaya, lingkungan hidup, perilaku ekonomi dan kesejahteraan, serta tentang waktu dan keberlanjutan perubahan yang terjadi di dunia.
d.      Mengembangkan social skills, dengan maksud supaya pada masa datang kita tidak hanya menjadi objek penguasaan globalisasi belaka. Keterampilan sosial yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah keterampilan memperoleh informasi, berkomunikasi, pengendalian diri, bekerjasama, menggunakan angka, memecahkan masalah, serta keterampilan dalam membuat keputusan.(Marsh Colin dalam Nana Supriatna, 2002:15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahaya Internet Bagi Remaja

  Bahaya Internet Bagi Remaja BAB I Pendahuluan 1. Latar Belakang Masalah Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari...